Pages

Sabtu, 11 Februari 2012

Keamanan program komputer


KEAMANAN PROGRAM KOMPUTER
1.       Virus
Sejarah : Virus komputer pertama kalinya tercipta bersamaan dengan komputer. Pada tahun 1949, salah seorang pencipta komputer, John von Newman, yang menciptakan Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC), memaparkan suatu makalahnya yang berjudul “Theory and Organization of Complicated Automata”. Dalam makalahnya dibahas kemungkinan program yang dapat menyebar dengan sendirinya.

Pengertian : Istilah virus komputer tak asing lagi bagi kalangan pengguna komputer saat ini. Padahal, sekitar 12 tahun yang lalu, istilah ini telah dikenal oleh masyarakat pengguna komputer. Baru pada tahun 1988, muncul artikel-artikel di media massa yang dengan gencar memberitakan mengenai ancaman baru bagi para pemakai komputer yang kemudian dikenal dengan sebutan ‘virus komputer’

       Jenis-jenis virus komputer :
a.       Berdasarkan tehnik pembuatannya :
1)      Virus yang dibuat dengan compiler adalah virus yang dapat dieksekusi karena merupakan virus yang telah di compile sehingga menjadi dapat dieksekusi langsung.
2)      Virus Macro adalah virus yang memanfaatkan fasilitas pemrograman modular pada suatu program aplikasi tertentu seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowePoint, Corel WordPerfect, dan sebagainya.
3)      Virus Script/ Batch adalah virus jenis ini biasanya menumpang pada file HTML (Hype Text Markup Language) dibuat dengan menggunakan fasilitas script seperti Javascript, VBscript,4 maupun gabungan antara script yang mengaktifkan program Active-X dari Microsoft Internet Explorer.
b.      Berdasarkan yang dilakukan :
1)      Virus Boot Sector adalah virus yang memanfaatkan gerbang hubungan antara komputer dan media penyimpan sebagai tempat untuk menularkan virus.
2)      Virus file merupakan virus yang memafaatkan suatu file yang dapat diproses langsung pada editor DOS, seperti file berekstensi COM, EXE, beberapa file overlay, dan file BATCH.
3)      Virus sistem merupakan virus yang memanfaatkan file-file yang dipakai untuk membuat suatu sistem komputer.
4)      Virus hybrid merupakan virus yang mempunyai dua kemampuan biasanya dapat masuk ke boot sector dan juga dapat masuk ke file.
5)      Virus registry windows menginfeksi operating system yang menggunakan Windows 95/98/NT biasanya akan mengadakan infeksi dan manipulasi pada bagian registry Windows sebab registry adalah tempat menampung seluruh informasi komputer baik hardware maupun software.
6)      Virus program aplikasi merupakan virus Macro, menginfeksi pada data suatu program aplikasi tertentu.
       Siklus hidup virus :
a.       Dormant phase ( Fase Istirahat/Tidur )
Pada fase ini virus tidaklah aktif. Virus akan diaktifkan oleh suatu kondisi tertentu, semisal: tanggal yang ditentukan, kehadiran program lain/dieksekusinya program lain, dsb. Tidak semua virus melalui fase ini.
b.      Propagation phase ( Fase Penyebaran )
Pada fase ini virus akan mengkopikan dirinya kepada suatu program atau ke suatu tempat dari media storage (baik hardisk, RAM dsb). Setiap program yang terinfeksi akan menjadi hasil “kloning” virus tersebut (tergantung cara virus tersebut menginfeksinya).
c.       Trigerring phase ( Fase Aktif )
Di fase ini virus tersebut akan aktif dan hal ini juga di picu oleh beberapa kondisi seperti pada Dormant Phase.
d.      Execution phase ( Fase Eksekusi )
Pada fase inilah virus yang telah aktif tadi akan melakukan fungsinya. Seperti menghapus file, menampilkan pesan-pesan, dsb 

2.       Worm
a.       Sejarah : Cikal bakal program worm pertama kali dibuat oleh Bob Thomas pada tahun 1971. Program ini merupakan solusi dari kebutuhan system kendali lalu lintas udara. Program ini akan membantu mengingatkan operator apabila pengendalian suatu pesawat udara berpindah dari satu komputer ke komputer lainnya. Sesungguhnya program yang disebut "creeper" ini hanya berpindah dari layar ke layar pada jaringan, dengan menampilkan pesan "I’m creeper! Catch me if you can!". Tetapi program creeper tidak mereproduksi dirinya sendiri, hingga beberapa programmer lain mencoba membuat program serupa, tetapi gagasan tersebut berangsur- angsur hilang dalam beberapa bulan kemudian.

       Pengertian : sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya secara sendiri dalam sistem komputer. Sebuah worm dapat menggandakan dirinya dengan memanfaatkan jaringan (LAN/WAN/Internet) tanpa perlu campur tangan dari user itu sendiri. Worm tidak seperti virus komputer biasa, yang menggandakan dirinya dengan cara menyisipkan program dirinya pada program yang ada dalam komputer tersebut, tapi worm memanfaatkan celah keamanaan yang memang terbuka atau lebih dikenal dengan sebutan vulnerability.
       Jenis-jenis worm :
       Pada tanggal 9 Desember 1987, worm "Christma Exec" menjadi worm pertama yang mampu menyebar dengan menggunakan media e-mail diantara komputer mainframe IBM.
       Pada tanggal 2 Nopember 1988, worm Morris yang terkenal pada waktu itu berhasil melumpuhkan 6.000 komputer dalam beberapa jam.
       Pada bulan Januari 1999, worm Happy99 menyebar lewat e-mail dengan attachment sebuah file aplikasi bernama happy99.exe Di bulan Maret 1999, sebuah virus macro "Melisa" kembali meresahkan pengguna internet dengan menginfeksi 100.000 unit komputer hanya dalam waktu tiga hari.
       Sebuah worm lainnya menyebar luas dimusim panas tahun 1999. Worm yang dinamakan "Pretty- Park" ini menyertakan attachment berupa file "Pretty Park.exe".
       EXPLORE ZIP menyebar pada bulan Juni 1999
       BUBBLE BOY menyebar pada awal tahun 2000
       LOVE LETTER menyebar pada bulan Mei 2000
       HYBRIS menyebar pada bulan Oktober 2000
       ANNA KOURNIKOVA menyebar pada bulan Februari 2001
       SADMIND menyebar pada bulan Mei 2001
       CODE RED muncul pada tanggal 21 Juli 2001
       NIMDA menyebar sekitar bulan September 2001 dan ini merupakan Worm yang paling banyak menginfeksi komputer – komputer di Indonesia
       BADTRANS.B menyebar pada November 2001
       KLEZ muncul pada bulan Oktober 2001
       SLAMMER muncul pada tanggal 23 Januari 2003
       BAGLE muncul pada minggu ketiga bulan Januari 2004
       NETSKY menyebar pada bulan Januari 2004

       Siklus hidup worm :
a.       Propagation Phase (Fase Penyebaran) : Pada fase ini worm akan membuat salinan dirinya ke suatu tempat, baik pada media penyimpanan fix disk (tetap) atau removable disk (dapat dipindahkan), adapun penyebarannya dapat dilakukan pada system local, jaringan atau internet.
b.      Dormant Phase (Fase istirahat/tidur) : Pada fase ini worm tidaklah aktif. Worm akan diaktifkan oleh suatu kondisi tertentu, semisal: tanggal yang ditentukan, kehadiran program lain / dieksekusinya program lain, dan sebagainya . Tidak semua worm melalui fase ini.
c.       Triggering Phase (Fase Aktif) : Di fase ini worm tersebut akan aktif dan menetap pada memory, hal ini dipicu oleh metode launcher yang digunakan worm tersebut.
d.      Execution Phase (Fase Eksekusi) : Pada fase inilah worm yang telah aktif tadi akan melakukan fungsinya. Seperti menghapus file, menampilkan pesan-pesan dan sebagainya.(eko/berbagai sumber).

3.       Trojan Horse :
Sejarah : Untuk mengetahui apa itu Trojan Horse mari kita pelajari terlebih dahulu sejarah dari nama Trojan Horse itu sendiri. Nah sejarahnya Nama Trojan Horse berasal dari sejarah Yunani Kuno dimana terjadi peperangan antara bangsa Yunani dengan Troy selama lebih dari 10 tahun. Penyusup dari Yunani dipanggil Sinon menawarkan hadiah Trojan yang berbentuk Kuda dari kayu berukuran besar dan berhasil mengyakinkan Troy bahwa Kuda Kayu (Trojan) tersebut dapat memberi kekuatan abadi kepada bangsa Troy. Setelah Kuda Kayu tersebut masuk ke kota Troy , tidak disangka telah banyak pasukan Yunani yang bersembunyi di dalamnya, Yunani berhasil melumpuhkan dan membakar habis kota Troy dari dalam. Kisah tersebut mengilhami para hacker untuk menciptakan “penyusup” ke komputer orang lain yang disebut dengan Trojan Horse. Daniel Edwards dari National Security Agency (NSA) yang diakui mencetuskan istilah Trojan Horse untuk program jahat yang menyelinap dalam komputer korban.

       Jenis-jenis trojan horse :
a.       Trojan Remote Access termasuk Trojan paling populer saat ini. Banyak penyerang menggunakan Trojan ini dengan alasan fungsi yang banyak dan sangat mudah dalam penggunaannya.
b.      Trojan Pengirim Password tujuan dari Trojan jenis ini adalah mengirimkan password yang berada di komputer korban atau di Internet ke suatu e-mail khusus yang telah disiapkan.
c.       Trojan FTP adalah paling sederhana dan dianggap ketinggalan jaman. Satu-satunya fungsi yang dijalankan adalah membuka port 21 di komputer korban yang menyebabkan mempermudah seseorang memiliki FTP client untuk memasuki komputer korban tanpa password serta melakukan download atau upload file.
d.      Keyloggers termasuk dalam jenis Trojan yang sederhana, dengan fungsi merekam atau mencatat ketukan tombol saat korban melakukan pengetikan dan menyimpannya dalam logfile.
e.      Trojan Penghancur satu-satunya fungsi dari jenis ini adalah untuk menghancurkan dan menghapus file. Trojan penghancur termasuk jenis yang sederhana dan mudah digunakan, namun sangat berbahaya.
f.        Trojan DoS Attack saat ini termasuk yang sangat populer. Trojan ini mempunyai kemampuan untuk menjalankan Distributed DoS (DDoS) jika mempunyai korban yang cukup. Gagasan utamanya adalah bahwa jika penyerang mempunyai 200 korban pemakai ADSL yang telah terinfeksi, kemudian mulai menyerang korban secara serempak.
g.       Trojan Proxy/Wingate bentuk dan corak yang menarik diterapkan oleh pembuat trojan untuk mengelabui korban dengan memanfaatkan suatu Proxy/Wingate server yang disediakan untuk seluruh dunia atau hanya untuk penyerang saja.
h.      Software Detection Killers beberapa Trojan telah dilengkapi dengan kemampuan melumpuhkan fungsi software
pendeteksi, tetapi ada juga program yang berdiri sendiri dengan fungsi yang sama.


video player virus komputer : http://www.youtube.com/watch?v=lMNv_4XcInw

0 komentar:

Posting Komentar

 

(c)2009 Risma Ferda Fathir's. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger