UKM ONLINE
PENDAHULUAN
UKM (Usaha Kecil Menegah) adalah suatu brntuk usaha kecil
masyarakat yang pendirinya berdasarkan inisiatif seseorang. UKM sangat berperan
dalam mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Indonesia. UKM dapat menyerap
benyak tenaga kerja Indonesia yang masih mengaggur. Selain itu UKM meningkatkan
pendapatan daerah maupun pendapatan negara Indonesia. Sekarang ini sudah banyak
UKM berbasis online. Sebuah Studi dari McKinsey mengatakan pelaku UKM yang
menggunakan tekhnologi online akan tumbuh dua kali lipat dari yang lain.
ISI
Melalui
Internet, pelaku UKM dapat meningkatkan produktivitas usahanya sebesar 10%. Namun
di Indonesia ada dua tipe pelaku UKM. Bisnis UKM yang pertama yang memandang
internet sebagai hal yang rumit untuk ditelusuri, mahal biayanya serta
membutuhkan waktu lama untuk dipelajari. Kedua, mereka yang memiliki pandangan bahwa dunia
online adalah suatu yang positif. Apapun bisnis mereka, apakah itu untuk sarana
promosi maupun channel alternatif.
Mereka
yang ada di tipe pertama jumlahnya banyak. Contohhnya jika kita lihat dari data
Badan Pusat Statistik (BPS), hanya ada 75.000 dari sekitar 17 juta UKM di
Indonesia yang memiliki website. Mereka yang ada di tipe kedua punya pandangan
positif terhadap dunia online, dan merekalah juaranya.
Rendang
Uni Farah adalah salah satu UKM berbasis online. Uni Farah menyediakan berbagai
jenis rendang. Rendang daging, rendang daging tancabiak, rendang paru, rendang
kentang, rendang ayam dan rendang pulut hitam.
PENUTUP
Tidak ada salahnya bagi UKM
untuk mengembangkan usahanya dengan berbasis online. Sehingga tidak hanya
masyarakat lokal yang tahu tentang usaha tersebut melainkan masyarakat dunia
juga dapat mengetahuinya.
Daftar
Pustaka
-http://the-marketeers.com/archives/majalah-marketeers-top-50-ukm-di-dunia-online.html
-http://rendangunifarah.com
-http://makalahusahakecilmenengah.blogspot.com/
0 komentar:
Posting Komentar