Pages

Senin, 29 April 2013

TULISAN 2 PEREKONOMIAN INDONESIA

UKM ONLINE

PENDAHULUAN
            UKM (Usaha Kecil Menegah) adalah suatu brntuk usaha kecil masyarakat yang pendirinya berdasarkan inisiatif seseorang. UKM sangat berperan dalam mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Indonesia. UKM dapat menyerap benyak tenaga kerja Indonesia yang masih mengaggur. Selain itu UKM meningkatkan pendapatan daerah maupun pendapatan negara Indonesia. Sekarang ini sudah banyak UKM berbasis online. Sebuah Studi dari McKinsey mengatakan pelaku UKM yang menggunakan tekhnologi online akan tumbuh dua kali lipat dari yang lain.
ISI
            Melalui Internet, pelaku UKM dapat meningkatkan produktivitas usahanya sebesar 10%. Namun di Indonesia ada dua tipe pelaku UKM. Bisnis UKM yang pertama yang memandang internet sebagai hal yang rumit untuk ditelusuri, mahal biayanya serta membutuhkan waktu lama untuk dipelajari. Kedua,  mereka yang memiliki pandangan bahwa dunia online adalah suatu yang positif. Apapun bisnis mereka, apakah itu untuk sarana promosi maupun channel alternatif.
            Mereka yang ada di tipe pertama jumlahnya banyak. Contohhnya jika kita lihat dari data Badan Pusat Statistik (BPS), hanya ada 75.000 dari sekitar 17 juta UKM di Indonesia yang memiliki website. Mereka yang ada di tipe kedua punya pandangan positif terhadap dunia online, dan merekalah juaranya.
            Rendang Uni Farah adalah salah satu UKM berbasis online. Uni Farah menyediakan berbagai jenis rendang. Rendang daging, rendang daging tancabiak, rendang paru, rendang kentang, rendang ayam dan rendang pulut hitam.
  
PENUTUP
Tidak ada salahnya bagi UKM untuk mengembangkan usahanya dengan berbasis online. Sehingga tidak hanya masyarakat lokal yang tahu tentang usaha tersebut melainkan masyarakat dunia juga dapat mengetahuinya.
Daftar Pustaka
-http://the-marketeers.com/archives/majalah-marketeers-top-50-ukm-di-dunia-online.html
-http://rendangunifarah.com
-http://makalahusahakecilmenengah.blogspot.com/



0 komentar:

Posting Komentar

 

(c)2009 Risma Ferda Fathir's. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger